Kamis, 15 Maret 2012

Mengajarkan Perkalian Pada anak Usia Dini

Perkalian mempunyai banyak sekali kaitannya dengan ilmu-ilmu lain. Misalnya dengan ilmu fisika, ilmu kimia, ilmu matematika, ilmu ekonomi dan ilmu-ilmu terapan lainnya yang ada. Seseorang yang menguasai perkalian dengan baik akan lebih mudah memahami ilmu-ilmu yang terkait dengannya daripada orang yang agak tidak hafal dengan perkalian. Saya banyak melihat seorang anak yang sudah berada di kelas 3 SD bahkan ada yang sudah di SMP tetapi tidak menghafal perkalian dengan baik. Mereka agak lambat memahami pelajaran matematika dan fisika dari pada teman mereka ayng menguasai perkalian dengan baik. Dapat saudara bayangkan jika anak saudara tidak menghafal perkalian, mereka akan kesulitan di dalam mempelajari pelajaran mereka.

Oleh sebab itu melalui artikel ini penulis mencoba memberikan sedikit solusi diantara ribuan solusi yang ada untuk membantu anak kita menguasai perkalian sejak usia dini. Beberapa hal yang saya lakukan berikut ini mungkin bisa saudara terapkan kepada anak anda jika cocok buat mereka antara lain :

  1. Beri semangat kepada anak anda ya ….  semacam stimulus bahwa kalau menguasai matematika maka itu akan membuat mereka hebat dan pintar.
  2. Perdengarkan kepada mereka perkalian sewaktu mereka berada di dekat anda. Caranya anda mengucapkan perkalian sewaktu mereka bermain dalam jangkauan pendengaran mereka (ini kalau mereka belum mengenal huruf dan angka).
  3. Jika anak kita sudah mengenal huruf dan angka maka belilah perkalian yang biasa dijual seharga 10.000 sampai 25.000 rupiah. Bacakan kepada mereka sambil bermain saudara sebagai gurunya dan anak kita sebagai muridnya. Lakukan dalam suasanan kegembiraan jangan paksa. Sampaikan semenarik mungkin hati mereka. Di dalam permainan ini saudara harus serius tapi santai. Berikan penghargaan kepada mereka jika mereka mampu menghafalkan dua atau tiga buah perkalian. Misalnya mereka sudah mampu menghafal 1 x 3 = 3 berikan penghargaan. Bisa berupa acungan jempol, atau saudara mengumumkan di rumah kepada seluruh penghuni rumah bahwa “adek” bisa menghafal 1 x 3 dengan baik. Lalu semua penghuni rumah menyambutnya dengan tepuk tangan. Bisa mengangkat anak di atas bahu lalu umumkan bahwa “inilah orang hebat pada hari ini yang namanya (sebutkan nama anak kita). Atau bentuk penghargaan yang lain sesuai dengan kreatifitas saudara.
  4. Jika mereka sudah bisa menulis dan mengenal huruf serta angka maka cara yang lain adalah dengan menyuruh mereka menulis perkalian tiga misalnya sebanyak 3 kali dalam satu sesi latihan. Setelah itu berikan penghargaan kepada mereka seperti pada penghargaan di atas.
  5. Lakukan hal ini tiap hari maka anak anda akan menguasai perkalian pada usia dini.
  6. Jangan biarkan anak anda sampai usia besar tetapi tidak menguasai perkalian. Masa depan mereka ditentukan dari sikap anda, keseriusan anda dalam mengajar anak di rumah. Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat bagi saudara salam dari saya : Yohannis Tammu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar