Minggu, 05 Februari 2012

10 Tips menghadapi Ujian


Langkahnya :

1. Berdoa sebelum belajar, agar diberi kemampuan oleh yang maha kuasa untuk melakukan persiapan.
2. Persiapan harus dari jauh hari. Menghadapi ujian tidak bisa dilakukan dalam jarak waktu yang singkat. Dari awal semester sebenarnya harus start untuk persiapan. Supaya bahan yang kita pelajari tidak terlalu banyak saat sudah saatnya ujian dan kita punya banyak waktu untuk belajar. Juga memberikan kesempatan kepada otak kita untuk memfiling informasi yang ada.
 3. Usahakan semua materi pelajaran/kuliah kita kuasai semuanya. Tidak boleh hanya setengah bagian depan atau belakang saja, atau hanya 75 % saja. Harus seluruhnya.
4. Dari awal buat catatan ringkas mengenai perkuliahan / pelajaran yang ada agar kita mudah membawanya kemana-mana, sehingga diwaktu kita ada waktu luang disitu kita membaca catatan ringkas tersebut. Buatlah catatan ringkas di buku kecil yang bisa masuk ke kantong baju kita.
5.  Target yang kita pasang harus 100 supaya kita belajar sungguh-sungguh. Juga kalau turun/meleset biasanya masih bisa mendapat nilai 96 atau 95 jadi masih tergolong tinggi.
6. Perhatikan penjelasan-penjelasan penting yang disampaikan secara lisan di kelas. Biasanya ini dijadikan soal oleh dosen/guru di dalam ujian.
7. Perhatikan kesehatan kita juga. Jangan terlalu malam belajarnya. Kalau sudah mengantuk tidur saja. Besok subuh baru bangun lagi dengan memasang jam beker, ini lebih fresh untuk menyimpan data di dalam memori otak kita, dari pada malam-malam tapi otak sudah lelah.
8. Dalam mengantisipasi soal perhatikan komposisi soal yang akan muncul. Biasanya soal disusun dalam komposisi : hafalan, sebab akibat dan analisa. Yang namanya defenisi atau rumus itu harus dihafal mati, tidak boleh tidak. Pikirkan hubungan pelajaran dengan aplikasi2 lain dalam rangka munculnya soal analisa.
9. Baca berulang-ulang materi kita dan berlatihlah membuat soal sendiri dan menjawabnya dengan baik.
10. Kalau ada kelompok belajar ikutlah dengan mereka karena di sana kamu pasti akan mendapatkan sesuatu yang baru dari teman-temanmu.
“Selamat Belajar, Kamu Pasti Bisa”
Salam : Yohannis Tammu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar