Rabu, 26 September 2012

SATELIT BUATAN INDONESIA YANG PERTAMA

LAPAN-TUBSAT.


INDONESIA ternyata hebat juga dalam hal persatelitan. Hal ini dibuktikan dengan karya anak bangsa yang menciptakan satelit mini yang namanya LAPAN-TUBSAT. Satelit ini sudah mengorbit 10 Januari 2007 dari Pusat Antariksa Satish Dhawan di India.Satelit ini diperkirakan umurnya hanya 2 tahun akan tetapi bisa sampai 4 tahun, inilah salah satu kehebatan dari satelit buatan anak bangsa ini. Kehebatan lainnya adalah pada saat gunung Merapi meletus satelit negara lain tidak bisa mengambil gambar karena banyaknya kabut, tetapi LAPAN-TUBSAT dapat mengambil gambar yang jernih dengan baik. Hal ini disebabkan karena satelit anak bangsa ini dapat digerakkan ke samping sehingga dapat melirik sisi gunung yang lain dan saat itulah satelit mengambil gambar sang gunung Merapi.


Sampai saat ini LAPAN-TUBSAT masih berfungsi dengan baik dan masih terus memberikan gambar dari ruang angkasa. Padahal satelit sejenis umumnya berusia 2 tahun (Soewarto Hardhienata-Kepala Deputi Bidang Teknologi Dirgantara Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional)

Satelit ini berukuran kecil dengan bobot 57 kg. Satelit LAPAN-TUBSAT berorbit polar atau mengelilingi bumi dengan melewati kutub.

Satelit tersebut melewati wilayah Indonesia sebanyak dua kali per hari. Selama tugasnya tersebut satelit ini sudah banyak menghasilkan gambar video pemantauan, misalnya gunung meletus atau kebakaran hutan yang terjadi di Indonesia, juga perkembangan pekerjaan jembatan Suramadu.


Di waktu yang akan datang LAPAN akan membangun dua satelit lagi yakni LAPAN-A2 dan LAPAN-ORARI. SALUT kepada tim LAPAN yang HEBAT PISAN dimana sudah mengharumkan nama bangsa INDONESIA dan akan terus berkarya demi kemajuan bangsa... maju terus dalam karya yang dahsyat.











Source : aldamisita.blogspot.com










Tidak ada komentar:

Posting Komentar