Minggu, 04 Desember 2011

Socrates - Legenda Sepakbola Brasil meninggal Dunia - 4 Desember 2011


Socrates (Yunani : Σωκράτης, huruf disebelah adalah terdiri dari huruf sigma besar, omega, kappa, rho, alpha, tau, eta, terakhir sigma final ... dibaca  Sǒcratēs)  nama lengkapnya adalah : Sócrates Brasileiro Sampaio de Souza Vieira de Oliveira, MD(Doctor of Medicine) Ia lahir di Belem do Para pada tanggal 19 Februari 1954, di Brazil.  Ia tinggal di Ribeirao Preto bersama isteri dan enam orang anaknya.  Legenda Brazil ini meninggal pada usia 57 tahun di hari Minggu 4 Desember 2011 di Sao Paulo,  karena menderita infeksi pada saluran pencernaanya.

Almarhum adalah kapten Timnas Brazil pada piala Dunia tahun 1982 dan tahun 1986. Pernah bermain untuk klub Fiorentina, Botafogo, Flamengo dan Santos

Paolo Rossi (Italia) mengatakan : "Saya sungguh bersedih untuk Socrates, ia juga salah satu dari kami," Paolo Rossi adalah pahlawan Italia saat kejuaran piala dunia 1982 dimana saat itu mereka mengalahkan tim Brazil yang dikomandani oleh Dr. Socrates.

Legenda kita ini adalah seorang pengumpan yang luar biasa tingkat akurasinya dan juga seorang  pengorganisasi team yang baik di lapangan hijau. Di bawah kepemimpinannya team akan sangat teratur dengan visi yang sangat jelas.

Satu kemampuannya yang sangat terkenal adalah "blind heel pass" (mengumpan kawan dengan menggunakan tumit tanpa melihat hanya dengan feeling semata), umpan seperti inilah yang sering mengecoh tim pertahanan lawan sehingga orang yang mendapatkan umpan tersebut bisa langsung masuk ke jantung pertahanan lawan dan mengancam penjaga gawang yang berdiri di bawah mistar gawang. Itulah almarhum Dr. Socrates de Oliveira.


Legenda Sepak Bola Brasil Socrates Meninggal

Source : Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar